Axopos.Com Toko Peralatan Komputer Kasir dan AIDC Paling Lengkap Full Support

1


Mata uang pertama yang dimiliki Republik Indonesia setelah merdeka adalah Oeang Republik Indonesia atau ORI. Pemerintah memandang perlu untuk mengeluarkan uang sendiri yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah tapi juga sebagai lambang utama negara merdeka.

Resmi beredar pada 30 Oktober 1946, ORI tampil dalam bentuk uang kertas bernominal satu sen dengan gambar muka keris terhunus dan gambar belakang teks undang undang ORI ditandatangani Menteri Keuangan saat itu A.A. Maramis. Pada hari itu juga dinyatakan bahwa uang Jepang dan uang Javache Bank tidak berlaku lagi. ORI pertama dicetak oleh Percetakan Canisius dengan desain sederhana dengan dua warna dan memakai pengaman serat halus.

Axopos turut menjaga kearifan budaya Indonesia dengan menampilkan cerita sejarah uang Indonesia sebagai alat pembayaran yang sah. Ditampilkan dalam cerita pendek saat anda membuka halaman produk Axopos, mengingatkan kembali nilai transaksi dibalik kemajuan teknologi transaksi saat ini dan masa mendatang.