Axopos.Com Toko Peralatan Komputer Kasir dan AIDC Paling Lengkap Full Support

Printer thermal dan Kegunaanya

Posted : 10 Januari 2013


Printer thermal merupakan proses menggunakan pemanas untuk mengaktifkan tinta didalam printer untuk mencetak kata maupun gambar. Printer thermal lebih efisien jika dibandingkan dengan printer dot matrik, printer thermal juga lebih efisient dan ekonomis digunakan. Printer ini cocok untuk pemakaian cepat, tidak memakan tempat dan umumnya tidak memerlukan perawatan khusus jika dibandingkan dengan printer lainnya.

Identifikasi

Printer thermal menggunakan pemanas untuk mencetak karakter atau gambar ke permukaan kertas thermal. Melalui pin yang dipanaskan kemudian kepala printer mentransfer panas tersebut ke lembaran kertas yang menghasilkan berbagai macam warna.

Jenis printer thermal

Thermal wax transfer dan direct thermal transfer adalah dua jenis printer thermal, Thermal wax transfer mencetak menggunakan pin yang dipanaskan kemudian melelehkan lilin yang mengandung tinta untuk mencetak, lilin dan material dasar tersebut mencegah tinta tersebar. Thermal wax transfer memerlukan perawatan berkala untuk membesihkan tinta dan sisa-sisa lilin di kepala printer.

Sedangkan untuk Direct thermal transfer menggunakan kepala pin yang dipanaskan dan langsung memberikan info ke printer thermal. Jenis printer ini tidak membutuhkan pita ribbon untuk mencetak, oleh karena itu perawatannya tidak serumit Thermal wax transfer.

Fitur printer thermal

Printer thermal mempunyai komponen yang sederhana, dikendalikan oleh pengendali utama yang mengendalikan kemampuan untuk mencetak. Ada plat yang betanggung jawab untuk menggulung kertas masuk ke pinter dan menggerakkan kepala printer untuk bersentuhan langsung dengan kertas. Kepala printer merupakan komponen utama yang menyalurkan panas berdasarkan data yang ada untuk dicetak di atas kertas thermal.

Fungsi printer thermal

Printer thermal biasanya dioperasikan oleh computer utama seperti desktop atau system POS, untuk menggunakannya nyalakan printer dan masukan kertas thermal ke dalamnya yang kemudian akan menggerakan kepala printer untuk menghasilkan panas dan hasil cetakan sesuai data yang diinginkan. Ketika kepala printer menyentuh kertas maka kepala printer akan mengaktifkan tinta untuk mencetak data di atas kertas thermal.

Printer thermal umumnya digunakan pada bidang pekerjaan tertentu dan membutuhkan hasil yang cepat, seperti resep pesanan, daftar harga dan label barcode untuk barang dagangan. Penggunaanya dapat diterapkan dalam bisnis retail maupun pom bensin.

Pertimbangan lainnya

Untuk printer thermal tidak memerlukan penawaran intensif dan harganya tergantung dari jenis maupun fitur dari printer thermal tersebut. Jika ingin membeli printer thermal maka hal yang harus diperhatikan adalah dengan melihat hasil cetakan yang baik dan juga kertas apa yang akan digunakan untuk mencetak. Meskipun biaya kertas thermal lebih mahal jika dibandingkan dengan kertas printer biasa tetapi hal tersebut diimbangi dengan kehandalan printer. Biaya perawatan juga termasuk penggantian kepala printer secara berkala dan pita ribbon khususnya bagi yang menggunakan Thermal wax transfer.

 

 

 


Harga produk Axopos.Com
bisa ditawar?

Kami selalu berusaha memberi harga jual terbaik, namun anda tetap bisa mengubungi kami untuk penawaran terbaik, serta perbandingan harga yang lebih murah bersaing. Semua untuk pelanggan Axopos.Com.

Catatan : Harga dan spesifikasi dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.


Untuk pembelian anda dapat melakukannya secara online, atau menghubungi contact center kami untuk pemesanan melalui Telp, SMS, Email dan Chat.

Semua barang yang dijual di Axopos.Com dijamin murah, handal, dan awet, 100% asli, disertai garansi total dan layanan perbaikan serta support teknis pelanggan.

Axopos.Com merupakan distributor dan toko peralatan komputer kasir yang melayani penjualan/pembelian dan pengiriman pesanan ke semua kota Indonesia: Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor, Bekasi, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Solo, Malang, Denpasar, Medan, Palembang, Lampung, Jambi, Pekanbaru, Batam, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Manado, Palu, Jayapura, Timika, Ambon, Kupang dan seluruh pelosok wilayah Indonesia lainnya.


'Uang Kuno' Story
6 Periode Penggunaan Uang di Indonesia

Secara tematis uang di Indonesia dapat dibagi kedalam enam periode:

1.  Uang atau alat tukar yang beredar zaman kerjaan Jenggala hingga permulaan abad ke-17.
2.  Uang masa VoC sampai tahun 1810 dan termasuk masanya uang Portugis, Spanyol, arab, India dan Cina yang beredar dikawasan tertentu di Indonesia.
3.  Uang Inggris (1811 s/d 1816).
4.  Uang Hindia Belanda (1816 s/d 1942).
5.  Uang Jepang (1942 s/d 1945).
6.  Uang Republik Indonesia sejak 17 Oktober 1945 sampai sekarang (Rupiah-red).

Satu Donasi Anda Sangat Berarti Bagi Pendidikan Mereka

Berbagi Bersama SATUSATU.org (Satu Untuk Sejuta Senyum Anak Indonesia)
Untuk setiap (Satu) produk yang anda beli di Axopos.Com, Satu donasi alat sekolah (Tas, Buku, Pulpen, Pensil, dll.) diberikan untuk anak Indonesia yang tidak mampu melalui SATUSATU.org. Anda dapat berpartisipasi dengan mengusulkan penerima donasi, datang bersama sahabat SatuSatu saat memberikan donasi rutin, atau bergabung menjadi mitra donatur.

Langkah Kecil Mendukung Pendidikan Anak Indonesia Yang Kurang Mampu Secara Ekonomi
Klik Axopos.Com/SatuSatu/ atau kunjungi www.satusatu.org untuk informasi lebih lanjut.