Axopos.Com Toko Peralatan Komputer Kasir dan AIDC Paling Lengkap Full Support

Cara Kerja Cash Register

Posted : 20 Desember 2012


Cash register merupakan alat untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan, yang pada umumnya terintegrasi secara modul dengan cash drawer. Alat ini juga mengeluarkan cetakan kertas atau struk untuk pelanggan sebagai bukti transaksi yang telah dilakukan. Selain itu ada yang sudah dilengkapi dengan fasilitas PLU (Price Look Up).

Cash register dikelompokan ke dalam dua jenis, pertama mesin cash register sederhana dimana mesin tersebut sudah mempunyai fasilitas menghitung dan dapat mengeluarkan hasil hitungannya di kertas, yang kedua cash register standart, programnya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti departemen dan PLU dengan harga lebih mahal dibanding sebelumnya.

Untuk membahas mengenai cara kerja dari cash register ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti pengenalan beberapa kunci yang terdapat dalam paket cash register, umumnya terdapat 2 kunci yaitu:

1.       OP (Operator) kunci ini dipegang oleh orang yang mengoperasionalkan mesin tersebut, atau biasa disebut clerk (kasir) dengan password umum 1 (satu)

2.       MA (Master) merupakan konci yang dipegang oleh pemilik toko dan bisa membuka tombol keseluruhan dan mengatur perputaran barang dengan password umum 888888

Pada umumnya mesin cash register memakai kertas thermal berukuran 58cm dan sudah support stock, untuk setiap barang dapat ditentukan masing-masing kodenya, caranya bisa dibilang mudah hanya ke menu “setting” + “masukan password (888888)” + kemudian enter, maka selanjutnya masukan ke salah satu departemen yang diinginkan.

Setiap barang mempunyai kode yang diberikan oleh pemilik, diberi nama dan di berikan harga sesuai yang diinginkan, pada cash register Kami terdapat program yang dapat membedakan harga untuk client yang ditentukan yaitu harga umum dan harga VIP. Sedangkan untuk melakukan transaksi pembelian klik tombol “clerk” + masukan password umum (1)+ kode barang+kode PLU dan enter, maka akan terlihat hasil pemberlian dan secara otomatis laci kasir akan terbuka.

Dalam cash register terdapat 64 departemen dalam programnya, selain itu kode barang atau PLU bisa mencapai 15 digit sehingga memudahkan jika barang yang akan dijual dalam berbagai jenis. Sedangkan untuk clerk atau kasir bisa mencapai 5 orang dengan masing-masing kasir mempunyai kode yang berbeda.

Setelah itu mesin siap difungsikan, Kami sebagai penyuplai mesin cash register selain menawarkan produk mesin cash register juga memberikan cara pengaktivannya tentunya dengan dibantu oleh teknisi Kami yang berpengalaman.

 

 


Harga produk Axopos.Com
bisa ditawar?

Kami selalu berusaha memberi harga jual terbaik, namun anda tetap bisa mengubungi kami untuk penawaran terbaik, serta perbandingan harga yang lebih murah bersaing. Semua untuk pelanggan Axopos.Com.

Catatan : Harga dan spesifikasi dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.


Untuk pembelian anda dapat melakukannya secara online, atau menghubungi contact center kami untuk pemesanan melalui Telp, SMS, Email dan Chat.

Semua barang yang dijual di Axopos.Com dijamin murah, handal, dan awet, 100% asli, disertai garansi total dan layanan perbaikan serta support teknis pelanggan.

Axopos.Com merupakan distributor dan toko peralatan komputer kasir yang melayani penjualan/pembelian dan pengiriman pesanan ke semua kota Indonesia: Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor, Bekasi, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Solo, Malang, Denpasar, Medan, Palembang, Lampung, Jambi, Pekanbaru, Batam, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Manado, Palu, Jayapura, Timika, Ambon, Kupang dan seluruh pelosok wilayah Indonesia lainnya.


'Uang Kuno' Story
Redenominasi Rupiah

Dalam beberapa tahun terakhir, muncul wacana terkait rupiah yaitu penyederhanaan nominal. Pemerintah sudah mengajukan Rancangan Undang-undang Perubahan Harga Rupiah, atau dikenal dengan istilah redenominasi. Jika sudah disahkan, nantinya Rp 1.000 saat ini akan menjadi Rp 1 tanpa mengurangi nilai uangnya.

Dalam naskah akademik RUU Perubahan Harga Rupiah, semestinya redenominasi sudah bertahap mulai dilakukan 1 januari 2014. Namun sepertinya target tersebut sulit terpenuhi.

Agung Rai, Ketua Panitia Khusus (Pansus) RUU Perubahan Harga Rupiah, mengatakan memang ada aturan sebuah RUU selesai dalam dua kali masa sidang. Namun untuk RUU tentang redenominasi, bisa saja lebih dari itu. Kita tunggu saja perkembangannya.

Namun yang jelas ketika redenominasi sudah berlaku, maka uang yang ada di saku dan dompet Anda akan menjadi barang berharga. Simpanlah baik-baik, karena mungkin suatu hari para penggemar numismatik akan menghubungi Anda.

Satu Donasi Anda Sangat Berarti Bagi Pendidikan Mereka

Berbagi Bersama SATUSATU.org (Satu Untuk Sejuta Senyum Anak Indonesia)
Untuk setiap (Satu) produk yang anda beli di Axopos.Com, Satu donasi alat sekolah (Tas, Buku, Pulpen, Pensil, dll.) diberikan untuk anak Indonesia yang tidak mampu melalui SATUSATU.org. Anda dapat berpartisipasi dengan mengusulkan penerima donasi, datang bersama sahabat SatuSatu saat memberikan donasi rutin, atau bergabung menjadi mitra donatur.

Langkah Kecil Mendukung Pendidikan Anak Indonesia Yang Kurang Mampu Secara Ekonomi
Klik Axopos.Com/SatuSatu/ atau kunjungi www.satusatu.org untuk informasi lebih lanjut.